• Kamis, 01 September 2016

    Sesungguhnya Masalah Itu Manis



     Zona Mistis - Renungan - Sesungguhnya Masalah Itu Manis. Kali ini saya ingin membagi sesuatu yang barusan saya dapat dari Ustad Yusuf Mansyur.

    "Jangan katakan pada Allah kalau kita ada masalah, katakan pada masalah kita ada Allah"

    Ketika kita ditimpa sebuah masalah, berarti Allah mau kita lebih dewasa dalam menghadapi hidup ini. Ketika kita ditimpa musibah, berarti Allah ingin agar kita mendekat kepadanya. Ketika kita ditimpa kesusahan, berarti Allah telah menyediakan untuk kita kemudahaan.
    Karena sesungguhnya, dibalik permasalahaan ada proses pendewasaan, dibalik musibah ada hikmah, dibalik kesusahaan ada kemudahaan.

    "Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahaan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahaan" (Al-Insyirah :5-6)

    Ketika permasalahan datang menghampiri, jangan mengeluh dihadapan sang maha pencipta. Jangan memberontak akan keputusannya apa lagi dengan mengatakan bahwa Allah tidak adil.
    Namun, mintalah agar kita diberikan kesabaran serta ketabahaan dalam menghadapinya, diberikan penyelesaian yang terbaik bagi kita, dan selalu mengharapkan dia memberikan ganjaran pahala untuk kita.

    Tanpa malam, bulan purnama takkan indah
    Tanpa lapar, nikmat makan takkan terasa
    Tanpa dahaga, sejuknya air takkan memberi banyak makna


    Begitu juga kemenangan atau kemudahan takkan memberi arti tanpa didahului rintangan, masalah dan kesusahan.
    Setelah mendung terbitlah cerah. Tak ada hidup tanpa masalah, karena masalah adalah sunnah-nya. Yang kita perlukan hanya dada yang lapang dalam menghadapinya.

    Jika ketabahan yang kita bina, nikmat masalah akan terasa.
    Jika keluhan yang senantiasa kita bina, sengsara masalah akan selalu bertambah.

    Masalah datang untuk kita hadapi, bukan untuk dicaci atau dimaki.
    Masalah adalah medium dalam proses pendewasaan. tanpa masalah kita takkan pernah dewasa. Tanpa masalah kita takkan menjadi orang yang luar biasa.

    "Jalan yang lurus dan rata takkan pernah menghasilkan pemandu yang hebat. Laut yang tenang takkan pernah menghasilkan pelaut yang cakap. Langit yang cerah takkan pernah menghasilkan juru terbang yang handal".

    Disaat kita mencari solusi dalam suatu masalah, disaat itulah sebuah proses pendewasaan hidup akan bermulai. Maka senyumlah, mereka yang memiliki masalah dan mengatasi masalah tersebut dengan bijak akan selalu bergantung kepada keputusan Allah yang maha adil.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar