• Sabtu, 17 September 2016

    Sejarah Terciptanya Mantra Sihir Abracadabra

    Zona Mistis  - Info Mistis - Sejarah Terciptanya Mantra Shihi Abracadabra
    Kalian pasti sering mendengar seorang pesulap mengucapkan mantra "abracadabra" setiap kali melakukan aksinya. Tapi apakah kalian tau misteri apa dan darimana mantera itu berasal?

    Sejumlah teori menceritakan asal dari mantera misterius abracdabra itu, sebagian meyakini berasal dari para penyembah berhala atau memanggil setan sehingga harus dihindari pengucapannya. Memang sukar untuk diperdebatkan karena tidak ada bukti otentik asal kata abracadabra ini.

    Pendapat lain meyakini abracadabra berasal dari kata Ibrani yang memiliki arti "ayah, anak, dan roh kudus". (ab, ben, dan ruach hakodesh) Terdengar sangat trinitas? Mungkin. Tapi banyak pula yang meyakini kata tersebut tidak mewakili kekristenan. Karenanya ada pula yang mengaitkan dengan bahasa Aram "avra kadavra".

    Nah, bagi penggemar film/buku Herry Potter tentu ingat kata yang mirip dan sering digunakan yakni "avada kedavra". Menurut sang penulis JK Rowling, mantra itu berarti "biarkan sesuatu dihancurkan"

    Sesuai arti menghancurkan yang dimaksud Rowling, tampaknya kata tersebut ada kaitannya dengan makna aslinya. "menghancurkan penyakit".

    Catatan tertua penggunaan mantera abracadabra ditemukan milik Serenus Sammonicus, orang bijak di masa roma kuno.

    Ada sebuah penyakit yang disebut hemitriantos, penyakit yang sangat mematikan. Cara untuk menyembuhkannya hanya dengan menulis perkamen kata "abracadabra". caranya ditulis baris demi baris, pada setiap baris berikutnya hilangkan huruf terakhirnya hingga tersisa huruf "A". Lalu gantungkan di leher. Banyak orang bilang kalau ditambah lemak singa hasilnya lebih efektif.
    Dari catatan Sammonicus ini berarti mantra abracadabra telah digunakan jauh sejak imperium Yunani. Sehingga teori lain menyebut kata ini berasal dari "abraxas" yakni numerologi yunani sebagai penambahan hari agar dalam setahun lengkap menjadi 365 hari. Kata "abraxas" menjadi penyempurna, dan mungkin akhirnya digunakan sebagai bagian dari mantera penyembuhan penyakit.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar