• Kamis, 01 September 2016

    Sejarah Permainan Jalangkung



    Zona Mistis - Urban Legend - Sejarah Permainan Jalangkung. Apa sih sebenarnya permainan jalangkung itu? untuk kita yang tinggal di Indonesia, saya rasa bukan suatu yang asing di telinga kita. Bahkan diantara kita pernah memainkannya.

    Namun, terlepas dari itu semua, sebenarnya apa sih jalangkung itu?

    Menurut beberapa informasi yang didapat bahwasanya Jalangkung atau jelangkung ini suatu permainan yang berkembang di daerah-daerah, khususnya di pulau jawa.
    Pada umumnya dahulu dimainkan di desa-desa dengan menggunakan orang-orangan sawah untuk memanggil arwah, sehingga arwah tersebut masuk kedalamnya.

    Biasanya permainan ini dimainkan beramai-ramai pada saat terang bulan, dan bila arwah tersebut datang, ia akan memperkenalkan dirinya dan bercerita dengan menggunakan bantuan alat tulis.

    Pertanyaan pun beraneka ragam yang dilontarkan kepada jalangkung tersebut antara lain nama arwah, tahun berapa ia meninggal dan penyebabnya. Bahkan tidak jarang jalangkung tersebut dimanfaatkan untuk mengetahui peruntungan masa yang akan datang.


    Permainan ini cukup sederhana, bahkan waktu saya SMA, saya sering melihat teman-teman saya memainkan permainan jalangkung. Hanya bermodalkan jangka dan gambar lingkaran lengkap dengan huruf abjad yang tergambar dalam kertas, dengan iringan lirik lagu sederhana (mungkin itu adalah mantra permainannya).

    Namun bukan berarti ini adalah permainan yang tidak berbahaya, sebaiknya permainan ini tidak dimainkan tanpa pengawasan orang yang berkompeten dibidangnya. Karena kitapun terkadang harus memenuhi permintaan jalangkung tersebut seperti mengantarkannya pulang kembali kesuatu tempat atau yang lainnya.
    Dan bila kita tidak memenuhinya, maka bisa jadi jalangkung akan marah dan dapat membuat masalah untuk para pemainny.

    3 komentar: